Langsung ke konten utama

Tugas Akhir Metodologi Rancang Bangun Miniature Freezer Dengan Kapasitas 5 Kg Untuk Pendinginan Daging Ayam



BAB III
METODOLOGI RANCANG BANGUN

3.1 Diagram Alir Metodologi Rancang Bangun  









3.2 Prosedur Rancang Bangun
            Dalam melaksanakan suatu rancang bangun disarankan untuk membuat prosedur perancangan agar hasil yang didapat tersusun rapi sesuai dengan tujuan.
Adapun langkah-langkah tersebut yaitu :
a.      Pengumpulan data
1.      Menentukan temperature produk
2.      Menentukan bentuk, volume dan bahan
3.      Ukuran miniature freezer
b.      Perhitungan data
1.      Perhitungan total beban pendingin
2.      Diagram P-h
3.      Menghitung daya kompresor
4.      Menentukan beban evaporator
5.      Menghitung daya kondensor
6.      Menentukan panjang pipa kapiler
c.      Pemilihan komponen
1.      Kompresor yang digunakan dengan kapasitas 1/6 hp.
2.      Kondensor yang digunakan adalah dengan kapasitas 187.7 W 6 jala.
3.      Pipa kapiler yang digunakan yaitu dengan diameter 0,28mm
4.      Evaporator yang digunakan adalah dengan kapasitas 150 W.


d.    Perakitan alat
1.         Pemilihan bahan dan perhitungan komponen-komponen yang akan digunakan seperti kompresor, kondensor, katup ekspansi, dan evaporator.
2.         Selanjutnya pembuatan kerangka dengan bahan plat sesuai dengan ukuran yang telah direncanakan.
3.         Selanjutnya pembuatan dudukan untuk meletekan komponen-komponen seperti kompresor, kondensor, filter dryer,pipa kapiler, dan evaporator.
4.         Selanjutnya melapisi evaporator dengan menggunakan sterofom sebagai bahan pelapis luarnya agar didapatkan pendinginan yang sempurna dengan ukuran disesuaikan dengan evaporator.
5.         Kemudian melakukan perakitan perancangan alat seperti menggabungkan komponen antar komponen lainya.
6.         Pemasangan kelistrikan pada alat miniatur Freezer.
7.         Pengujian alat miniatur Freezer jika hasil pengujian tidk sesuai dengan rancang bangun maka dilakukan perhitungan total beban pendingin ulang
e.       Estimasi biaya
Dalam rancang bangun miniature freezer ini penulis memperkirakan dana yang akan terpakai untuk pembelian alat dan bahan yang akan digunakan sebanyak Rp 1.500.000,00

f.       Selesai
Yaitu akhir dari sebuah rancang bangun.

3.3  Piping diagram Alat Miniatur Freezer
Gambar 3.2 diagram pemipaan miniature freezer
3.4 Prosedur Keselamatan Kerja
Dalam proses pembuatan/perakitan alat, haruslah diperhatikan keselamatan kerja baik bagi diri sendiri, benda kerja, maupun lingkungan sekitar. Untuk itu, perlu pemahaman yang khusus mengenai keselamatan kerja agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir. Pemahaman konsep keselamatan kerja itu sendiri meliputi :
a.        Secara teori
1.         Pelajari petunjuk-petunjuk keselamatan kerja yang ada.
2.         Lihat buku panduan praktek.
3.         Tanyakan kepada pembimbing/dosen instruktur jika ada hal-hal yang belum diketahui.
b.        Secara praktek
1.         Siapkan peralatan keelamatan kerja.
2.         Gunakaan pakaian keselamatan kerja.
3.         Jangan melakukan hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan, misalnya membiarkan api las tetap menyala ketika tidak digunkan.
4.         Jangan menggunakan peralatan yang tidak sesaui dengan fungsinya karena dapat merusak peralatan dan bahkan benda kerja itu sendiri.
5.         Jangan menghidupkan mesin jika belum mengetahui prosedur pengoperasiannya.
6.         Lakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur yang ada, baik dari buku pedoman maupun arahan dari orang yang lebih memahami.
7.         Usahakan bekerja jangan tergesah-gesah karena dampaknya kurang baik bagi alat yang dikerjakan, maupun bagi diri sendiri.
8.         Bekerja dengan sungguh-sungguh.
9.         Utamakan keselamatan kerja baik itu diri sendiri, rekan kerja, mesin, maupun lingkungan disekitar tempat bekerja (bengkel).
10.     Utamakan juga kebersihan dan kerapian tempat bekerja (bengkel).




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Album Teknik Pendingin dan Tata Udara Politeknik Sekayu 2011-2014

mmelly and risca

Laporan Praktikum AC Mobil

KATA PENGANTAR             Assalammu’alaikum Wr.Wb             Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan petunjuk-Nya kami dapat menyusun laporan mengenai “Pengenalan Komponen AC Mobil beserta fungsinya“. Laporan ini kami susun berdasarkan praktikum   pada mata kuliah laboratorium sistem Tata Udara. Adapun tujuan dari penyusunan laporan ini adalah agar mahasiswa khususnya pembaca mengetahui dan memahami komponen AC mobil beserta fungsinya pada setiap mobil. Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai komponen, fungsi dan cara kerja AC mobil. Demikianlah laporan ini kami susun, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan tidak lupa kami ucapkan terimakasih. Wassalammu’alaikum Wr.Wb.                                                                                                                         Sekayu,   Juli 2010                                                                                                                  

Contoh Laporan KKN (Kuliah Kerja Nyata )

LAPORAN KELOMPOK KULIAH KERJANYATA (KKN) ANGKATAN V TAHUN 2013-2014 DUSUN SUNGAI JERING KELURAHAN SUNGAI LILIN KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYU ASIN PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN   MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN DISUSUN OLEH KELOMPOK 42 1.       RUBI KURNIAWAN                                                NIM. 111312144 2.       VERNANDA OKTARENI                                         NIM .111312125 3.       SITI AMINAH                                                             NIM. 10149143 4.       HEDRIYADI                                                               NIM .10149145 5.       SISWANTI                                                                  NIM. 10149146 6.       LILI NURLINDA                                                         NIM. 10140171 7.       PIPIN LIDYAWATI                                                    NIM.111213606 8.       SULIS WIDIAWATI