Minggu, 26 April 2015

Tugas Akhir Cara Menghitung Beban Pendingin Pada Freezer Part 1

RANCANG BANGUN MINIATUR FREEZER DENGAN KAPASITAS 5 KG UNTUK PENDINGINAN
DAGING AYAM



   NAMA        : ANTON KASIRON
 NIM          : 25012 21405 11 005


PROGRAM STUDI TEKNIK PENDINGIN DAN TATA UDARA
POLITEKNIK SEKAYU
2014

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Unggas pasca pemotongan merupakan produk pangan yang mudah rusak dan menjadi bau serta busuk. Untuk mempertahankan mutu maksimumnya, daging ayam tersebut harus sesegera mungkin didinginkan atau bahkan dibekukan.
Di pasaran dikenal mesin pembeku (freezer) dan mesin penyimpanan dingin (cold storage). Mesin pembeku berfungsi untuk menurunkan suhu produk (ikan) kemudian membekukannya sampai dengan suhu beku yang aman untuk dapat disimpan. Sedangkan mesin cold storage berfungsi untuk menyimpan produk (daging ayam) yang sudah dingin atau beku dan mempertahankan suhu beku produk tersebut. Daging ayam  pada umumnya dibekukan dan disimpan pada suhu  – 2 °C dan mampu bertahan 1-4 minggu.  ............Literatur. 2 Hal.16.5
Negara Indonesia adalah suatu negara yang kaya akan sumber daya alam, dimana letak geografis Indonesia sangat mempengaruhi akan keadaan SDA tersebut. Indonesia memiliki iklim tropis, tentu saja dengan keadaan ini Indonesia memiliki potensi SDA hayati yang melimpah dengan terdiri dari beragam tumbuh – tumbuhan yang banyak serta mempunyai beragam hewan didalamnya. Selain itu letak geografis Indonesia sebagai Negara kepulauan menjadi potensi yang besar untuk dapat dimanfaatkan, contohnya potensi peternakan unggas dan berberapa mamlia seperti sapi dan kambing. Akan tetapi semua potensi yang dimiliki sekarang belum sepenuhnya  dapat dikelola dengan optimal terutama pada daerah yang jauh dari jangkauan perkotaan, sehinggah membutuhkan banyak waktu untuk dapat mendistribusikan hasil peternakan yang berupa daging kepada konsumen di perkotaan, dan ini merupakan masalah yang banyak dihadapi oleh peternak di daerah pedesaan, karena terdapat faktor penghambat seperti kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas dan fasilitas – fasilitas pendukung dalam proses pelaksaanaan.
Perkembangan bidang teknologi pendingin dan tata udara semakin berkembang hingga saat ini. Dimana dapat dilihat dengan dikemukakan berberapa inovasi terbaru dari system refrigerasi maupun tata udara baru penunjang dunia refrigerasi dan tata udara. Berbagai inovasi ini  lahir dari pemahaman para ahli akan kebutuhan industry dan masyarakat yang tetnu saja ramah lingkungan. Berdasarkan berberapa hal diataslah, penulis selaku Mahasiswa Teknik Pendingin dan Tata udara Politeknik Sekayu mengambil Topik Tugas Akhir Rancang Bangun Miniatur Freezer dengan Kapasitas 5 Kg untuk Pendinginan Daging ayam .
Untuk itulah penulis selaku Mahasiswa Teknik pendingindan Tata udara membuat Tugas Akhir yang mengambil judul “RANCANG BANGUN PEMBUATAN FREEZER DENGAN KAPASITAS 5 KG UNTUK PENDINGINAN DAGING AYAM”. Penulis sengaja mengambil Judul ini karena terdapat pemikiran dari penulis untuk merancang sebuah alat yang dengan sekala kecil sehingga dapat dipakai ke dalam berbagai lapisan masyrakat. Frezeer yang akan kami rancang dengan dimensi 35 x 25 x 22 mampu menampung beban dengan kapasitas 5 kg , freezer ini di tujukan kepada home industry maupun masyarakat pada umumnya yang mengguanakan daging ayam sebagai media utama produk mereka, sehinggah dapat menciptakan produk atau olahan yang berkualitas tinggi.

1.2   Alasan Pemilihan Judul

Daging dan sayur-sayuran merupakan makanan yang sangat dibutuhkan manusia berberapa dekade terakhir kebutuhan akan daging sangatlah tinggi hal ini dapat dilihat dengan semakin tingginya permintaan masyarakat akan kebutuhan daging sehinggah semakin meroketnya harga daging terutama di tengah bulan suci ramadhan ini haraga perkilo daging ayam bisa mencapai Rp 40.000/Kg , Oleh karena itu kualitas gizi pada makanan tersebut harus terjaga dengan baik. Agar  bakteri pada makanan tidak dapat berkembang biak maka makanan tersebut harus disimpan pada ruangan yang bersuhu sangat rendah. Alat yang dapat menjaga kualitas gizi pada makanan dan dapat menghambat perkembang biakan bakteri pada makanan salah satunya adalah menggunakan freezer.
 Pada kondisi beku dading ayam bisa bertahan 4  Minggu dengan kisaran suhu – 2 ˚C oleh sebab itu penilis memilih untuk merancang sebuah alat Miniatur Freezer yang berukuran kecil dengan kapasitas penyimpanan 5 Kg dengan temperatur – 2 ˚C untuk mempertahankan penyimpanan makanan yang lebih lama dan untuk mendapatkan kualitas yang tetap baik, dalam pembuatan alat Freezer ini penulis merancang menggunakan sistem refrigerasi kompresi uap yang akan penulis rancang sesuai yang diinginkan, namun dalam pembuatan alat tersebut harus mempertimbangkan biaya serta waktu pengerjaannya dan dalam pelaksanaannya harus dilakukan dengan teknik-teknik yang benar agar mendapatkan hasil yang efektif dan efisien.Berdasarkan hal itu, maka laporan akhir ini penulis beri judul “Rancang Bangun Pembuatan Freezer dengan Kapasitas 5 Kg untuk Pendinginan Daging Ayam”.

1.3   Tujuan

Adapun maksud dan tujuan perencanaan pembuatan Freezer ini adalah sebagai berikut :
a.       Dapat membuat suatu alat miniatur Freezer yang lebih efisien untuk masyarakat terutama home industry karena lebih kecil bila di bandingkan dengan yang ada pada pabrik-pabrik pengolaan daging pada umumnya, karena hanya berkapasitas 5 Kg dengan temperatur -2°C yang digunakan dan mengawetkan Dging ayam.
b.        Dapat memahami cara merancang bangun suatu alat serta mengetahui langkah-langkah dalam membuat miniatur Freezer dengan temperatur -2°C.

1.4   Batasan Masalah

 Dalam pembuatan tugas akhir ini tentu saja harus diatasi  agar pembahasan yang dilakukan tidak melebar dari permasalahan yang ada, maka penulis membatasi masalah antara lain :
a.       Pengaruh kapasitas pendinginan yang dibutuhkan pada proses pembekuan produk
b.      Perhitungan waktu yang ditentukan dalam proses pembekuan produk dengan komponen-komponen yang telah ditentukan berdasarkan perhitungan beban pendingin.

1.5   Metode Pengumpulan Data

Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penyusunan laporan akhir ini, antara lain :
A.      Metode Studi Literatur
Dalam penulisan laporan akhir ini, penulis mengumpulkan data-data, terutama data-data perhitungan dari buku-buku referensi.
B.       Metode Wawancara
Yakni bertanya dan berkonsultasi kepada dosen pembimbing serta semua pihak yang memahami tentang perencanaan pembuatan Freezer. Metode ini dapat dilakukan dengan cara bertanya jawab kepada nara sumber, baik itu dosen pembimbing maupun orang-orang yang memahami dan memberi masukan terhadap penyusunan laporan akhir perencanaan Freezer ini.
C.     Konsultasi
Penulis melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing laporan akhir dalam menyusun dan memperbaiki di dalam penulisan isi dari laporan.

1.6   SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika penulisan dari laporan akhir ranang bangun ini adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini diuraikan hal-hal seperti latar belakang, alasan pemilihan judul, tujuan, ruang lingkup perencanaan, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan.
BAB II  LANDASAN TEORI
Pada bab ini dijelaskan teori – teori yang dijadikan dasar  atau landasan untuk melakukan perhitungan, pemilihan komponen dan sebagainya yang diperlukan dalam Rancang Bangun Freezer Dengan Kapasitas 5 Kg Untuk Pendinginan Daging Ayam
BAB III  METODOLOGI RANCANG BANGUN
Pada bab ini menjelaskan diagram alir  rancang bangun miniature freezer
BAB IV  PEMBAHASAN
Pada bab IV ini di uraikan tata cara perhitungan beban pendingin dalam penentuan komponen-komponen refrigerasi serta tata cara meancang mianiatur freezer


BAB V PENUTUP
Bab ini berisikan dua sub-bab yaitu kesimpulan dan saran. Pada sub-bab kesimpulan dijelaskan hasil akhir dari Rancang Bangun Frezeer Dengan Kapasitas 5 Kg Untuk Pendinginan Daging Ayam. Hal ini berupa spesifikasi, proses pengerjaan serta hal-hal lain yang berkaitan dengan perencanaan. Dan beberapa saran penyempunaan pada sub-bab saran.

2 komentar: