Langsung ke konten utama

Panduan Dalam Gambar Teknik



 
 BAB I
PENDAHULUAN

1.1          Pengertian Gambar Teknik
Gambar Teknik adalah kumpulan informasi yang membentuk geometris suatu benda yang dapat dipahami oleh perancang dan penggunanya. Informasi yang dimaksud dapat berupa gabungan dari garis-garis, kata-kata, angka maupun simbol-simbol yang telah distandardkan.

1.2          Fungsi Gambar Teknik
Gambar Teknik berfungsi sebagai alat komunikasi antara perancang dan pembuat/pengguna. Perancang harus menggunakan informasi yang efisien tetapi lengkap dan terstandard. Tidak semua orang dapat memahami Gambar Teknik kecuali oarang-orang yang telah belajar tentang teori gambar sesuai dengan bidang yang digelutinya. Untuk mencapai komunikasi yang baik maka perencana sebagai juru gambar dan pengguna/operator sebagai pembuat harus memakai bahasa yang sama.  Bahasa  sama yang dimaksud adalah bahasa gambar yang telah terstandard misalkan JIS dari Jepang, ASME dari Amerika atau DIN dari Inggris, dalam hal ini kita menggunakan standard internasional yaitu ISO (International Standard Organization).

1.3          Manfaat Gambar Teknik
a.    Meningkatkan efektivitas komunikasi antar perancang dan pembuat
b.    Sebagai patokan dalam proses produksi
c.    Sebagai patokan dalam penentuan jumlah dan jenis material
d.    Dapat mendeteksi kesalahan sedini mungkin
e.    Dapat digunakan sebagai informasi pengembangan produk
f.     Meningkatkan efisiensi waktu dan biaya



1.4          Peralatan Gambar
Menggambar adalah proses menghubungkan informasi berupa garis-garis, angka, kata maupun simbol sehingga terbentuk geometris yang dapat dijadikan alat komunikasi antara perancang dan pengguna. Proses menggambar ini merupakan skill/ketrampilan yang harus dikuasai oleh seseorang penyandang gelar akhli teknik. Pada awalnya menggambar ini dilakukan secara manual, tetapi sesuai dengan kemajuan teknologi maka sekarang sudah banyak menggunakan komputer dengan beraneka ragam program seperti  CAD, Inventor, Catia, Autocad dan lainnya.
Untuk mendapatkan hasil gambar yang baik dan efisien tidak hanya berbekal pengetahuan, tetapi sangat dipengaruhi oleh peralatan yang digunakan. Adapun peralatan yang diperlukan antara lain adalah :

1. Peralatan Gambar sistem Komputerisasi
    a. Komputer dengan Program (Hard dan Software)
    b. Printer sesuai ukuran kertas (A3 , A0 )
    c. Kertas Gambar sesuai ukuran, disarankan Kertas Kalkir
    d. Ruangan, Meja Kerja, Filing Cabinet dan  Filing Management.



                                                            



                        Gambar 1.1 Peralatan Gambar dengan Komputer




2. Peralatan Gambar sistem Manual
    a. Pensil dengan kode hard  (H, 2H) dengan eretan atau cutter
    b. Penghapus (Eraser)
    c. Penggaris, Segitiga sesuai ukuran
    d. Mal Curva, Mal hurup, Mal Angka, Mal Lingkaran dan Busur
    e. Jangka komplit (Bofa), Pena Rotring dan Tinta Cina
    f.  Kertas Gambar Padalarang dan Kalkir
   g.  Meja Gambar A3 , A0
   h.  Ruangan dan  Meja Kerja, Filing Cabinet.



                             
    

                                                          






                         Gambar 1.2 Peralatan Gambar Manual
1.5 Prosedure Desain Teknik
























                          



          
                   Gambar 1.1  Flow Chart  of Technical Design Procedure


BAB II
STANDARISASI

2.1 Standard Ukuran Kertas Gambar
Kertas gambar yang umum digunakan dengan seri A, dimana sebagai patokan dasar adalah A0 yang mempunyai luas 1m2 dengan perbandingan panjang dan lebar adalah  √2 : 1 yaitu 1189 : 841 mm.  Ukuran kertas A1 adalah  setengah dari ukuran A0,  A2 setengah dari A1 dan seterusnya.

  UKURAN KERTAS
X
Y
C
A0
841
1189
15
A1
594
841
15
A2
420
594
10
A3
297
420
10
A4
210
297
10
A5
148
210
10










             
 








                Gambar 2.1  Standard Ukuran Kertas Gambar


Pada bagian bawah sebelah kanan kertas biasanya dilengkapi format untuk melengkapi informasi Gambar yang disebut dengan Kepala Gambar. Kepala Gambar ini berisikan informasi tentang : Nama Perusahaan, Nama Penggambar dan Pengecek, Nomor Arsip, Tanggal, Nama Gambar dan lain sebagainya. Setiap perusahaan mempunyai format Kepala Gambar  berlainan, dalam hal ini digunakan format yang dipakai di Politeknik Jurusan Mesin  seperti bentuk berikut ini.












                                    
                              Gambar 2.2  Format Kepala Gambar

2.2 Standard Hurup dan Angka
Sesuai dengan perkembangan teknologi maka font huruppun semakin beraneka ragam. Penggunaan hurup dan angka pada Gambar Teknik harus jelas dan dapat direproduksi dengan tangan, sablon atau lainnya, karena juru gambar sering bekerja di luar ruang gambar. Secara umum, perbandingan tinggi dan lebar hurup mengikuti perbandingan kertas gambar yaitu  √2 : 1.
Standar bentuk hurup dan angka adalah tegak 0o atau miring 15o terhadap garis vertical.


                 Gambar 2.3 Standar Ukuran Angka dan Hurup
TABEL 2.1  STANDARD UKURAN HURUP DAN ANGKA
Jarak antara Garis
5
7
10
14
20
Tinggi angka dan hurup Besar
3,5
5
17
10
14
Tinggi angka dan huruf kecil
2,5
3,5
5
7
10
Tebal huruf
0,35
0,5
0,7
1
1,4
Jarak antara angka dan hurup
0,7
1
1,4
2
2,8

                
2.3 Standar Jenis,  Fungsi dan Ukuran Garis
Salah satu faktor menentukan kualitas gambar adalah penggunaan garis sesuai dengan ukuran dan fungsinya. Ukuran garis harus sama ketebalan dan kehitamannya. Pertemuan ujung-ujung garis baik lurus maupun lengkung harus tepat (tidak lebih dan tidak kurang). Jenis dan fungsi garis dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

a. Menurut Bentuknya    :   ۱. Line     (Lurus)
                                           ۲. Circle  (Lingkaran)
                                           ۳. Arc (Lengkung teratur dan bebas)
b. Menurut Jenisnya      :   ۱. Continuouse (Garis penuh berketerusan)
                                           ۲. Dashed (Garis putus-putus)
                                           ۳. Center   (Garis-titik-garis/ Garis sumbu)

c. Menurut Ukurannya   :   Tebal dan tipis (1,4  1  0,7  0,5  0,35  0,25  0,1)

d. Menurut Fungsinya   :    ۱. Garis Gambar utama yang kelihatan
                                           ۲. Garis Gambar yang tidak kelihatan (hidden)
                                           ۳. Garis Sumbu dan garis potong memanjang
                                           ۴. Garis posisi yang tidak terlihat (semu)
                                           ۵. Garis arsir dan garis potong sebagian
                                           ۶. Garis Ukuran dan lainnya

Untuk memperjelas hubungan ke semua garis baik jenis, fungsi dan ukurannya dapat dilihat pada gambar dan  tabel di bawah ini.


















              Gambar 2.4 Standar Jenis, Ukuran dan Fungsi Garis

2.4 Standar Skala Gambar
Bila memungkinkan, ukuran gambar sama dengan ukuran benda sebenarnya yaitu skala 1 : 1, tetapi dalam kenyataan objek terlalu besar sehingga harus diperkecil atau sebaliknya. Walaupun objek digambar dengan skala tertentu, penulisan ukuran tetap sesuai ukuran objek sebenarnya. Dalam gambar mesin sering didapat komponen/detail yang relatif kecil maka dapat digambar dengan skala tertentu dan diberi keterangan pada samping gambar objek yang dimaksud.  Adapun standard skala metrik yang sering digunakan adalah :
a. Skala normal          1 : 1
b. Skala diperbesar    2 : 1    5 : 1    10 : 1
c. Skala diperkecil      1 : 2    1 : 5    1 : 10


2.5 Latihan Gambar

































































































BAB III
KONSTRUKSI GEOMETRIS

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Gambar Teknik merupakan gabungan dari garis-garis baik lurus, lingkaran maupun garis lengkung. Pertemuan garis-garis tersebut harus tepat dan mulus. Untuk keperluan ini maka diperlukan latihan penggambaran baik pembagian garis, sudut maupun penyambungan antara garis-garis yaitu sebagai berikut :

3.1  Jenis Garis, sejajar, tegak Lurus dan Lingkaran










3.2  Membagi Garis dan Sudut sama besar









3.3  Membuat fillet (radius) antara dua garis






3.4  Membuat fillet (radius) antara  garis lurus dan Lingkaran










3.5  Membuat Lingkaran melalui tiga titik












3.6 Membuat Segi lima dan enam dalam lingkaran









3.7 Membuat Elieps dengan dua lingkaran dan parallelogram











3.8 Latihan Konstruksi Geometris












































































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Home » Unik » 10 Situs Download Film Gratis Terbaik dan Terbaru

1. Ganool     Situs ini pun tidak kalah menarik dengan situs-situs lainnya, mencoba untuk selalu menawarkan film-film terbaru yang dapat di download secara gratis.   2. Bioskop25.com    Tidak jauh berbeda dengan Ganool.com situs Bioskop25.com juga menyediakan Film-film terbaru namun hanya kebanyakan film-film Holywood . Akan tetapi disini anda bisa luluasa download menggunakan idm dengan kuantitas yang relatif rendah. 3. CERPENKAMU.com Situs ini memiliki banyak koleksi film-film terbaru dengan kualitas BluRay dan HDRip. Selain itu, cara downloadnya juga mudah. Silahkan kunjungi CERPENKAMU.com . 4. BAGUSAN.com   Ini adalah salah satu situs penyedia berbagai genre film terbaik, mulai dari Hollywood, Bollywood, Mandarin, Thailand, Jepang dan Korea. Kualitas film-filmya mulai dari BluRay, DVDRip hingga kualitas HD. Selain itu juga terdapat subtitle Indonesia/English untuk setiap filmnya. Sobat bisa bebas men- download banyak ...

Tugas Akhir Metodologi Rancang Bangun Miniature Freezer Dengan Kapasitas 5 Kg Untuk Pendinginan Daging Ayam

BAB III METODOLOGI RANCANG BANGUN 3.1 Diagram Alir Metodologi Rancang Bangun    3.2 Prosedur Rancang Bangun             Dalam melaksanakan suatu rancang bangun disarankan untuk membuat prosedur perancangan agar hasil yang didapat tersusun rapi sesuai dengan tujuan. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu : a.       Pengumpulan data 1.       Menentukan temperature produk 2.       Menentukan bentuk, volume dan bahan 3.       Ukuran miniature freezer b.       Perhitungan data 1.       Perhitungan total beban pendingin 2.       Diagram P-h 3.       Menghitung daya kompresor 4.       Menentukan beban evaporator 5.       Menghitung daya ko...

Tugas Akhir Cara Menentukan Komponen-komponen dalam merancang Freezer

BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Rerfrigerasi Refrigerasi adalah suatu sistem yang memungkinkan untuk mengatur suhu sampai mencapai suhu di bawah suhu lingkungan. Penggunaan refrigerasi sangat dikenal pada sistem pendingin udara pada bangunan, transportasi, dan pengawetan suatu bahan makanan dan minuman. Penggunaan refrigerasi juga dapat ditemukan pada pabrik skala besar, contohnya, proses dehidrasi gas, aplikasi pada industri petroleum seperti pemurnian minyak pelumas, reaksi suhu rendah, dan proses pemisahan hidrokarbon yang mudah menguap. Refrigerasi dicapai dengan melakukan penyerapan panas pada suhu rendah secar a terus menerus, yang biasanya bisa dicapai dengan menguapkan suatu cairan secara kontinu. Uap yang terbentuk dapat kembali ke bentuk asalnya kembali, cairan, biasanya dengan dua cara. yang paling umum, uap itu hanya akan ditekan lalu diembunkan (memakai fin seperti pada kulkas). Cara lain, bisa diserap dengan caira...