BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Proses belajar mengajar merupakan interaksi
yang dilakukan antara guru dengan peserta didik dalam suatu pengajaran untuk
mewujudkan tujuan yang ditetapkan berbagai pendekatan yang digunakan dalam
pembelajaran agama islam harus dijabarkan kedalam metode pembelajaran PAI yang
bersifat procedural.
Namun permasalan sering kali dijumpai dalam
pengajaran terutama pengajaran. Agama islam adalah bagaimana cara menyajikan
materi kepada peserta didik secara baik, sehingga dipeoleh hasil yang efektif
dan efesien serta sering ditemukan murangnya pemahaman pengajar terhadap
penerapan metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan materi.
Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas
tentang metode Tanya jawab dan apa-apa yang terkandung didalamnya beserta
penerapannya yang mana metode ini merupaka salah satu metode yang bisa diapaki
untuk mewujudkan tujuan tersebut.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dan tujuan metode
Tanya jawab dalam pembelajaran PAI?
2. Adakah tehnik yang digunakan guru
dalam metode Tanya jawab dalam pembelajaran PAI?
3. Apa keunggulan dan kekurangan metode
Tanya jawab dalam pembelajaran PAI?
4. Bagaimana analisis metode Tanya jawab
dalam pembelajaran PAI?
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Dan Tujuan Metode Tanya Jawab
Metode tanya
jawab adalah penyampaian pelajaran dengan jalan guru mengajukan pertanyaan dan
murid menjawab, atau bisa juga suatu metode di dalam pendidikan di mana guru
bertanyan sedang murid menjawab bahan atau materi yang ingin di perlehnya.
Hal-hal yang perlu di perhatikan
dalam menerapkan metode ini adalah :
Guru harus benar-benar menguasai bahan pelajaran, termasuk semua jawaban
yang mungkin akan di dengarkannya dari murid atas suatu pertanyaan yang di
ajukannya.
Guru harus sudah mempersiapkan semua pertanyaan yang di ajukan olehnya
kepada murid dengan cepat.
Pertanyaan-pertanyaan harus jelas dan singkat ini harus di perhatikan,
sebab pertanyaan-pertanyaan harus di ajukan secara lisan.
Susunlah pertanyaan dalam bahasa
yang mudah di pahami murid.
Guru harus mengarahkan pertanyaan
pada seluruh kelas.
Berikan waktu yang cukup untuk memikirkan jawaban pertanyaan, sehingga
murid dapat merumuskannya dengan sistematis.
Tanya jawab harus di lakukan dengan suasana yang tenang dan bukan dalam
suasana yang tegang yang penuh dengan persaingan yang tidak sehat di antara
anak didik.
Agar sebanyak-banyaknya murid memperoleh giliran menjawab pertanyaan dan
jika seseorang tidak dapat menjawab segera, giliran di berikan kepada murid
yang lain.
Usahakan selalu agar setiap pertanyaan
hanya berisi satu problem saja.
Pertanyaan harus di bedakan dalam golongan pertanyaan pikiran dan
pertanyaan reproduksi atau pertanyaan yang meminta pendapat dan hanya
fakta-fakta.
Dengan menggunakan tanya jawab ini guru pendidikan agama Islam dapat
memberikan motivasi atau stimulus kepada siswa untuk dapat berpartisipasi aktif
dalam belajar yaitu guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswa menjawab
pertanyaan tersebut, atas arahan dari guru baik di lakukan pada waktu apersepsi
selingan maupun waktu berakhirnya kegiatan belajar mengajar. Selain dari pada
itu tanya jawab bisa di lakukan pada waktu guru belum menjumpai materi
pelajaran yang akan di sampaikan kepada siswa.
Metode Tanya
jawab dilakukan :
1) Sebagai ulangan pelajran yang telah
diberikan.
2) Sebagai selingan dalam pembicaraan.
3) Untuk merangsang anak didik agar
perhatiannya tercurah kepada masalah yang sedang dibicarakan.
4) Untuk mengarahkan proses berfikir.
Proses Tanya
jawab terjadi apabila ada ketidak tahuan atau ketidak fahaman peserta didik
akan suatu peristiwa, adapun tujuan dari metode Tanya jawab sebagai berikut:
1) Mengecek dan mengetahui sampai sejauh
mana kemampuan anak didik terhadap pelajaran yang dikuasai.
2) Membri kesempatan kepada anak didik
untuk mengajukan pertanyaan kepada guru tentang suatu masalah yang belum
difahami.
3) Memotivasi dan menimbulkan kompetensi
belajar.
4) Melatih anak didik untuk berfikir dan
berbicara secara sitematis berdasarkan pemikiran yang orisinil.
B. Tehnik Dalam Metode Tanya Jawab
Dalam setiap metode yang ada dalam
pembelajaran pasti diperlukan tehnik agar pembelajaran bisa berjalan secara
baik, berikut ini berbagai tehnik yang digunakan gfuru dalam mengajukan pertanyaan
:
1) The Mixe Strategy yakni
mengkombinasikan berbagai tipe dan jenis pertanyaan.
2) The Speaks Strategy yakni menggunakan
pertanyaan yang saling bertalian satu sama lain.
3) The Pleteaus Strategy yakni
mengajukan pertanyaan yang sama jenisnya terhadap sejumlah siswa sebelum
beralih kepada jenis pertanyaan yang lain.
4) The Inductive Strategy yakni dengan
berbagai pertanyaan siswa didorong untuk menarik generalisasi dari hal-hal khusus ke hal-hal
yang umum atau berbagai fakta menuju hukum-hukum.
5) The Deductive Strategy yakni
Generalisasi yang dijadikan sebagai titik tolak, siswa diharapkan dapat
menyatakan pendapatnya tentang berbagai kasus atau data yang ditanyakan.
Pertanyaan
yang baik memiliki ciri-ciri
1) Pertanyaan hendaknya bersifat mengajak
atau merangsang siswa untuk berfikir.
2) Kata-kata yang dipergunakan harus
jelas sehingga tidak ada kata atau istilah yang tidak difahami siswa.
3) Pertanyaan itu harus mengandung satu
penafsiran.
4) Kalimat pertanyaan hendaknya singkat.
5) Setiap pertanyaan hendaknya
mengandung satu masalah.
6) Pertanyaan harus sesuai dengan taraf
kecerdasan atau pengalaman siswa.
C. Keunggulan Dan Kekurangan Metode
Tanya Jawab
Suatu metode yang digunakan oleh guru dalam
mengajar sudah barang tentu mempunyai keunggulan dan kekurangan, begitupun
dengan metode Tanya jawab. Berikut keunggulan dan kekurangan metode Tanya jawab
:
a. Keunggulan metode Tanya
1) Kelas akan hidup karena anak didik
aktif berfikir dan menyampaikan pikiran melalui berbicara.
2) Beik sekali untuk melatih anak didik
agar berani mengemukakan pendapatnya.
3) Akan membawa kelas kedala suasana
diskusi.
b. Kekurangan metode diskusi
1) Apabila terjadi perbedaan pendapat
akan memkana waktu untuk menyelesaikannya.
2) Kemungkinan akan terjadi penyimpangan
perhatian pelajar terutama apabila jawaban yang kebetulan menarik perhatian
tetapi buka sasaran atau materi yang dituju.
3) Dapat menghambat cara berfikir
apabila guru kurang pandai dalam penyajian materi.
D. Analisis Metode Tanya Jawab Dalam
Pelajaran PAI
Metode Tanya jawab dimaksudkan untuk
merangsang, untuk berfikir dan membimbing perserta didik dalam mencapai
kebenaran, memberikan pengertian kepada seseorang dan memancingnya dengan umpan
pertanyaan. Metode ini seringkali digunakan pada zaman nabi dengan para
sahabat[4].
Metode Tanya jawab juga bisa membantu
kekurangan-kekurangan yang ada pada metode ceramah yang disebabkan kurangnya
perhatian peserta didik pada metode ceramah dan biasanya pserta didik akan
lebih hati-hati terhadap pelajaran yang menggunakan metode Tanya jawab sebab
peserta didik tahu sewaktu-waktu guru akan bertanya.
Metode Tanya jawab hanya dapat dipakai oleh
guru secara umum untuk menetapkan perkiraan apakah anak didik yang mendapat
giliran pertanyaan sudah memahami pelajaran yang diberikan dan metode ini tidak
dapat digunakan sebagai ukuran untuk menetapkan kadar pengetahuan anak didik
dalam suatu kelas karena metode ini tidak memberi kesempatan yang sama pada
setiap murid untuk menjawab pertanyaan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat kami simpulkan
sebagai berikut :
1) Metode Tanya jawab adalah suatu
metode dalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya dan murid menjawab
bahan materi yang diperolehnya. Adapun tujuan metode Tanya jawab yakni untuk
mengetahui seberapa jauh kefahaman siswa terhadap materi, membri kesempatan
siswa bertanya apa yang belum difahami, memotivasi siswa dan melatih anak
berfikir berbicara secara sistematis berdasarkan pemikiran yang orisinil.
2) Adapun tehnik Tanya jawab :
a. The Mixe Strategy
b. The Speaks Strategy
c. The Pleteaus Strategy
d. The Inductive Strategy
e. The Deductive Strategy
3) Keunggulan metode Tanya jawab
a. Kelas akan menjadi lebih hidup.
b. Baik untuk melatih anak didik untuk
berani mengemukakan pendapat.
c. Akan membawa kelas kesuasana diskusi
4) Kekurangan metode Tanya jawab
a. Bila terjadi perbedaan pendapat akan
menghabiskan banyak waktu.
b. Kemungkinan akan terjadi penyimpangan
perhatian pelajar.
c. Dapat menghambat cara berfikir.
5) Metode Tanya jawab digunakan sebagai
pelengkap metode ceramah metode ini dapat dipakai sebagai tolak ukur secara
umum dan tidak keseluruhan.
B. Saran
Alhamdulillah kami dapt menyelesaikan makalah
kami, dan kami sadar begitu banyak kekurangan dan kekhilafan kami, oleh karena
itu kritik dan saran dari temen-temen dan bapak dosen khususnya kami harapkan
semoga makalah ini bermanfaat. Amiin…..
DAFTAR PUSTAKA
Usman, Basyiruddin. 2002. Motodologi
Pembelajaran Agama Islam. Jakarta Selatan : Ciputat Press.
Abu, Ahmadi dan Prasetyo. 2005. SGM Strategi
Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Majid, Abdul Majid. 2008. Perencanaan
Pembelajaran Mengembangkan standar Kompetensi Guru. Bandung : Rosda Karya.
Dradjat, Zakiah Dradjat, dkk. 2004. Metode
KhususPengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara.
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................................... ii
KATA
PENGANTAR......................................................................................
iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang................................................................................. 1
1.2. Rumusan Masalah............................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Dan Tujuan Metode Tanya Jawab................................. 2
2.3 Tehnik Dalam Metode Tanya Jawab............................................. 2
2.4 Keunggulan Dan Kekurangan Metode Tanya Jawab.......................... 2
BAB III PENUTUP
3.2 Kesimpulan......................................................................................3
3.3 Saran................................................................................................3
DAFTAR PUSTAKA
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis dapatl
menyelesaikan Makalah ini dengan baik,lancar,tepat waktu,dan sesuai seagaimana
mestinya. Penulis menyusun makalah ini sesuai dengan penyusunan makalah
dan disusun dengan sesederhana mungkin agar pembaca mudah dalam memehaminya.
Adapun tujuan pembuatan makalah
ini adalah sebagai langkah untuk lebih mudah dalam memahami tentang metodhe
Tanya Jawab Dimana metode ini sudah banyak diterapkan di dunia pendidikan, Penulis
menyadari masih banyak kekurangan ataupun kesalahan baik yang materi maupun
sistematik penulisanya. Untuk itu kritik dan saran yang mendukung sangat
penulis harapkan demi perbaikan kesempurnaan laporan ini.
Penulis mengucapkan terimakasih
kepada:
1.kepada kedua orang tua saya yang selalu memberi do;a dan dukunganya
2.kepada bapak Murjaya, S.pd.i.,M.pd.i sebagai dosen pembimbing
3.kepada semua pihak yang membantu dalam penyelesaian tugas ini.
Akhir kata penulis berharap makalah
ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan pembaca pada umumnya. Sungai
Lilin, November 2012
Penulis
Disusun oleh :
Kelompok x
Anton Kasiron : 10149145
Dosen Pembimbing :
Murjaya,M.Pd.i,
Sekolah Tinggi Agama Islam Rahmaniyah
JL. Palembang-JambiI
KM.109 Sungai Lilin 30755
2012-2013
Komentar
Posting Komentar