Kamis, 19 Mei 2016

Contoh Borang skripsi PAI





PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTUCTIONS
PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TERHADAP PENIGKATAN AKHLAK SISWA DI  SDN SUKAMAJU
KEC. BABAT SUPAT KAB. MUSI BANYUASIN.




BORANG PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI
Diajukan Sebagai Salah satu Syarat
 Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam ( S.Pd.I )



Oleh :
HENDRI YADI
NIM. 10149161


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RAHMANIYYAH
KAMPUS D SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN
DI SUNGAI LILIN
2014
 





 

 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTUCTIONS
PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TERHADAP PENIGKATAN AKHLAK SISWA DI  SDN   
KEC. BABAT SUPAT KAB. MUSI BANYUASIN.



A.    Latar Belakang

Pendidikan memiliki peranan strategis menyiapkan generasi berkualitas untuk kepentingan masa depan. Bagi setiap orang tua, masyarakat, dan bangsa pemenuhan akan pendidikan menjadi kebutuhan pokok. Pendidikan dijadikan sebagai institusi utama dalam upaya pembentuk Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang diharapkan suatu bangsa .
Individu manusia lahir tanpa mengetahui apa pun, tetapi dia telah dilengkapi dengan fitrah yang memungkinkannya untuk menguasai berbagai pengetahuan dan peradaban. Dengan memfungsikan fitrah itulah ia belajar dari lingkungan dan masyarakat untuk mendirikan institusi pendidikan. Kondisi awal individu dan proses pendidikannya tersebut disyaratkan oleh Allah didalam firman – Nya sebagai berikut:
ª!$#ur Nä3y_t÷zr& .`ÏiB ÈbqäÜç/ öNä3ÏF»yg¨Bé& Ÿw šcqßJn=÷ès? $\«øx© Ÿ@yèy_ur ãNä3s9 yìôJ¡¡9$# t»|Áö/F{$#ur noyÏ«øùF{$#ur   öNä3ª=yès9 šcrãä3ô±s? ÇÐÑÈ
Artinya :
“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, pengelihatan , dan hati agar kamu bersyukur”. ( Q.S. Al-Nahl, 16:78 )

Masyarakat primitif pun memiliki kondisi yang serupa dengan individu manusia yang baru lahir. Mereka pada mulanya tidak berperadaban. Namun, melalui proses belajar dengan mengikuti pola-pola dan norma-norma sosial, mengikatkan diri pada ideologi dan sistem nilai, serta terlibat dalam aktivitas saling menukar pengetahuan dan pengalaman, mereka kemudian menjadi masyarakat yang berperadaban dan beradab
Namun pada proses belajar mengajar di Sekolah Dasar (SD) umumnya , sering dijumpai peserta didik yang memiliki banyak hambatan dalam menyerap dan menerapkan pelajaran yang diberikan oleh guru, dampaknya akhak siswa sangat rendah, hal ini disebabkan banyak faktor salah satunya kurang tepatnya metode yang digunakan guru dalam mentrasfer ilmu agama ke siswa
Sebagaimana telah kita ketahui bahwa ada sebagian  siswa  SD ada  yang belum dapat membaca apalagi memahami dan menerapkan pelajaran pendidikan agama Islam sedangkan salah satu cara memahami Pendidikan Agama Islam dengan cara membaca, karena dengan membaca siswa diharapkan dapat menahami pelajaran tersebut disamping menerima penjelasan dari guru.
. Oleh karena itu diperlukan Model Pembelajaran  khusus utuk menigkatkan akhlak siswa dalam pengajaran pendidikan agama Islam. Model Pembelajaran Direct Instructions adalah Model yang tepat untuk proses pembelajaran karena model ini merupakan salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstuktur dengan baik yang dapat diajarkan secara bertahap dan model pembelajaran ini berorintasi pada penampilan atau kinerja
Dengan berpedoman pada latar belakang diatas, maka dalam membantu pengajaran Pendidikan Agama Islam perlu menggunakan model Pembelajaran yang tepat untuk menigkatkan Ahlak siswa melalui sebuah penelitian . Adapun penelitian yang direncanakan ini bertitik tolak pada judul, “ PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTUCTIONS PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENIGKATAN AKHLAK SISWA DI  SDN  KEC. BABAT SUPAT KAB. MUSI BANYUASIN “ .
















B.     Rumusan Masalah

Dengan memperhatikan latar belakang masalah, maka beberapa masalah yang ada kaitannya dengan judul tersebut yang akan dibahas dalam penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Bagaimana model pembelajaran Direct Instructions pada pelajaran PAI terhadap penigkatan akhlak siswa di  SDN  kec. Babat Supat kab. Musi Banyuasin ?
2.      Bagaimana pengaruh model pembelajaran Direct Instuctions pada pelajaran PAI terhadap terhadap penigkatan akhlak siswa di  SDN  kec. Babat Supat kab. Musi Banyuasin ?



Sekayu,   Mei 2014-05-24
Di TolaK / Di Terima


Ketua Jurusan                                                                       Pembimbing Akademik




Sonin,S.Pd.I                                                                          Murjaya, S.Pd.I, M.Ag
DAFTAR PUSTAKA

Ambar Jaya Beni S, S. Pd, Model – Model Pembelajaran Kreatif , Tinta Emas, Bandung 2008

Sumiati, Dra dan Asra, M. Ed , Metode Pembelajaran , CV Wacana Prima, Bandung, 2008

Sanjaya Wina, Dr, M. Pd, Pembelajaran dalam Implementasi KBK, Kencana Prenada Media Group, Jakarta 2008

Nur Aly Heri MA, Drs dan Munzier, H. Drs, S. MA, Watak Pendidikan Islam, Friska Agung Insani, Jakarta Utara, 2006

Hakim Lukmanul, M. Pd, Drs., Perencanaan Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung, 2007

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI,  Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, IMTIMA, Bandung, 2007


Anzizhan Syafarudin, Sistem Pengambilan Keputusan Pendidikan, Grasindo, Jakarta 2004

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Syamaamil Cipta Media, Bandung, 2004

Nasution S, Metode Reserch, bumi Aksara, Yakarta, 2004

Trianto, Model – Model Pembelajaran Inovatif  Berorientasi Kontruktif, Prestasi Pustaka, Jakarta 2007 

Dinas Pendidikan Propinsi Banten , Proyek Penyelenggaraan dan Peningkatan Mutu   Pendidikan Luar Biasa, Banten , 2002

Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, Jakarta 2008

Sudijono Anas, Pengantar statistik Pendidikan, Rajawali Press, Jakarta 1987

Arikunto, Suharsimi, Dr,Prof, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar