Langsung ke konten utama

Contoh Proposal Kewirausahaan ( ConocoPhillips )




PROPOSAL

DANA BANTUAN WIRAUSAHA MASYARAKAT
PEMBUDIDAYAAN IKAN AIR TAWAR






Oleh :
KELOMPOK EMPAT BELAS (14)

SEKAYU JANUARY 2015
                                                                                                 


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, hidayah dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun proposal usaha kami dengan baik dan lancar tanpa ada  halangan suatu apapun.
Untuk  memperjuangkan  penyetaraan kesejahtraan  hidup  masyarakat  di  bidang ekonomi   kerakyatan, sehingga kami dapat menyelesaikan proposal ini sebagai ajuan untuk mendapatkan  bantuan  dana  yang  akan  digunakan  untuk  modal  usaha  budidaya  ikan  Kelompok Tani Maha Karya Membangun.
Penulisan proposal ini merupakan  tindak lanjut dari hasil pelaksanaan Musyawarah Anggota Kelompok Tani Maha Karya Membangun di bidang agribisnis perikanan darat.

1.      teman-teman kelompok empat Belas (14) yang telah turut membantu menyelesaikan    proposal ini.
3.      Orang tua yang telah memberikan dukungan baik materi maupun non materi
4.      Serta semua pihak yang telah membantu kami yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.
Kami sadari bahwa proposal yang telah kami susun ini masih sangat jauh dari kesempurnaan,  sehingga  kami  sangat  berharap  akan  adanya  kritik  dan  saran  yang  membangun perbaikan dari semua pihak untuk mendapatkan hasil yang lebih baik terutama bagi kesejahteraan hidup masyarakat di era gelobal ini.





Anton Kasiron,23 January 2015




A. PENDAHULUAN

Dalam  upaya  memenuhi  tuntutan  masyarakat,  kami  Kelompok  Tani  Maha  Karya  membangun terus berinovasi ke depan guna memacu percepatan penyetaraan kesejahteraan  ekonomi  masyarakat  di  Dusun  Rimba-rakit  Desa  Suka Maju Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatra Selatan

Mengingat faktor alam yang fotensial di Desa Bojongmalang untuk mengembangkan pola pembangunan. Maka diharapkan  adanya  perceptan  perubahan menuju perbaikan dalam pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Sebagian besar penduduk Desa Suka Maju, bekerja sebagai petani tradisional dan mempunyai  banyak  waktu  luang  pada  setiap  musim  sesuai  dengan  tahapan  umur tanaman. Banyaknya waktu luang ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Desa Suka Maju untuk menekuni kegiatan lain diantara yaitu budidaya ikan.

Untuk  memanfaatkan  fotensi  Suber  Daya  Alam  dan  Sumber  Daya  Manusia  yang tersedia  yaitu  kolam  ikan  yang  di  miliki  yang  sangat  potensial  dan  waktu  luang  serta ketekunan masyarakatnya, sehingga sangat mendukung terhadap pertumbuhan ekonomi kerakyatan.  Maka  pengembangan  budidaya  ikan  melalui  wadah  “Kelompok  Tani  Desa Suka Maju adalah sangat tepat adanya.
B.     Latar Belakang Usaha
Kemiskinan dan pengangguran adalah potret buram masyarakat di era reformasi / globalisasi  yang  merupakan  masalah  social  utama  masyarakat   yang  harus   di  tangani
dengan serius dan terpadu bahkan harus menjadi prioritas kebijakan Pemerintah melalui pusat sampai ke daerah, diantaranya melalui program wirausaha yang berbasis pemberdayaan  masyarakat  sebagai  salah  satu  penunjang  percepatan  peningkatan  IPM melalui sector daya beli.

Pengembangan usaha budidaya ikan merupakan alternatif usaha yang  mendukung   dan   menguntungkan   yang   berbasis   pemberdayaan   masayarakat,   karena sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat sehari-hari, modal awal dan pengolahannya terjangkau yang di dukung oleh pemanfaatan sumber daya alam. Potensi pasar dari usaha budidaya ikan masih sangat besar, terbuka dan relatif mudah secara local maupun regional.

Wilayah  Desa  Suka Maju memiliki  lahan  Rawa-rawa yang  sangat  baik serta   kondisi   iklim   yang   mendukung   untuk   budidaya   ikan.   Sebagian   dari   potensi   ini sekarang  merupakan  “lahan  tidur”  dikembaqngkan  dan  diolah  secara  lebih  intensif oleh pemiliknya  untuk  mendapatkan  nilai  komoditas  ekonomi  yang  lebih  tinggi. Salah  satu kendala serius saat ini yang dihadapi oleh pemilik lahan adalah keterbatasan modal usaha. Serta ke tidak mauan masyrakat meminjam dana untuk memulai usaha dengan cara meminjam uang di rentenir maupun di perbankan yang dinilai bukan membantu akan teteapi memberatkan masyarakat. Untuk itu kmi kelompok 14 berinisiatip memberi pinjaman tanpa bunga mereka hanya diwajibkan mengembalikan dana yang telah mereka pinjam tidak lebih maupun kurang. Hal ini kami anggap adalah solusi jitu untuk menimbulkan semangat wirausaha ditengah masyarakat yang berekonomi rendah.
C. DASAR PEMIKIRAN
Berdasarkan   letak   geografisnya,   Dusun   Rimba Rakit  Desa   Suka Maju   Kecamatan Babat Supat  sangat  potensial  untuk  pengembangan  wirausaha  di  bidang  perikanan  darata ntara lain :
1. Skala usaha dapat disesuaikan dengan keterbatasan yang ada pada petani.
2.Kegitan budidaya ikan mudah dan dapat dikelola serta dikembangkan  oleh petani.
3.Tidak mengharuskan penggunaan teknologi  tinggi, dan   ketersedian  sarana   dan
   prasarana serta bahan baku yang melimpah.
4. Dapat tangani oleh tenaga kerja keluarga : baik suami ataupun isteri
5. Berdampak positif,   untuk perkembangan   ekonomi yang nyata terasa dan
mempercepat  pensejahteraan  masyarakat  untuk  memperkuat  daya  belinya  di      ra gelobal ini.

Dengan adanya bantuan yang tidak menggunakan sistem bunga ataupu bagi hasil ini diharapkan banyak masyrakat yang dapat terbantu tanpa memberatkan mereka.

D. PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
Dalam pelaksanaan wirausaha dilakukan oleh para wirausahawan terkendala pada modal yang menjadi masalah pokok dalam memulai suatu usaha. Oleh karena itu kami dari kelompok 14 berinisiatif memberikan pinjaman modal yang telah dipercyakan oleh conocophillips yang bekerja sama dengan sampoerna Fondation kepada para pengusaha peternakan ikan yang berda di desa tempat kami berasal. Adapun permasalahan yang kami hadapi dilapangan adalah :
1. Terbatasnya  kemampuan  sumber  daya  modal  untuk  pengembangan  usaha,  karena     lemahnya kondisi ekonomi anggota sehingga tingkat produksi masih relatif rendah.
2.Terbatasnya wawasan dan pengetahuan anggota dalam keterampilan teknis dalam pembuatan pangan ikan   dan manajemen usaha.

E. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud   dari   kegiatan   ini   adalah   sebagai sarana menumbuhkan motivasi wirausaha masyarakat dan juga sebagai   upaya   untuk   mendukung   program pemerintah   dalam   mendongkrak   percepatan   peningkatan   pembanguna   IPM   bidang ekonomi/peningkatan daya beli masyarakat.
Adapun spesifikasinya dari kegitan ini ialah sebagai berikut :
a. Mengembangkan potensi daerah di bidang wirausaha budidaya perikanan air tawar.
b. Turut  serta  memberdayakan  ekonomi  kerakyatan  melalui  pengembangan  budidaya     ikan yang  dicirikan  oleh  tiga  macam  kegiatan  usaha  ekonomi,  yaitu  (1)  pembibitan    ikan (2) usaha budidaya ikan dan (3) permodalan bergulir.
c. Meningkatkan pendapatan petani kecil/buruh tani dan masyarakat pedesaan melalui     kegiatan usaha agribisnis yang berbasis komoditas.
d. Menciptakan  lapangan  usaha  lapangan  usaha  bagi  masyarakat  pedesaan,  yaitu  (1)
    budidaya ikan secara intensif, (2) pembuatan pangan ikan sendiri.
e. Menciptakan  lapangan  usaha  dan  lapangan  kerja  yang  dapat  diakses  oleh  angkatan
    kerja pedesaan secara berkesinambungan.
f. Memberikan motivasi dan kesempatan untuk berpartisipasi dan    kepedulian masyarakat  dalam  kegitan  pembangunan  di  Desa  Suka Maju,  serta  diharapkan   terciptanya karya-karya yang unggul dan mampu bersaing di pasaran global.
F. RENCAN SUMBER DANA DAN PENGGUNAAN DANA
1. Rencana Sumber Dana

a. Swadaya anggota kelompok           Rp.    500.000,-
b. Bantuan Conocopphilips                 Rp. 5.000.000,-
Jumlah                                                Rp. 5.500.000,-
No
Uraian
Volume
Satuan
Harga
Satuan
Jumlah
1.
Biaya Produksi





a. Benih Ikan
5.000
ekor
400
  2.000.000

b. Pakan Ikan
30
Kg
300.000        10.000
     900.000

c. Pemeliharaan (kandang )
4x8
meter
10.000
     300.000

d.biaya operasional
12
Kali
50.000
  1.000.000









Jumlah Biaya Produksi
  4.200.000


















G. STRUKTUR KELOMPOK










H.   TARGET KINERJA (SATUAN HASIL)

a. Terciptanya kesejahteraan  masyarakat  dengan  meningkatkan  serapan  tenaga  kerja
    penganggur dan meningkatnya pendapatan para petani budidaya ikan yang berada di Ds. Suka Maju.
b. Meningkatnya ketahan pangan asal produk perikanan.
c. Kegiatan agribisnis budidaya ikan menjadi salah satu sarana membangun sikap untuk
    meningkatkan partisipasi serta kepedulian masyarakat petani dalam memacu kegiatan
    pembangunan yang menyebar secara merata di seluruh wilayah Desa Bojongmalang.

I.  PENUTUP

Demikian  proposal  usulan  rencana  pengembangan  usaha  pengelolaan  Budidaya Ikan dan produksi pangan ikan ini kami sampaikan dengan harapan dapat meningkatkan  produksi,  pengetahuan  dan  keterampilan  serta  pemberdayaan  anggota demi terwujudnya kesejahteraan ekonomi masyarakat.
Besar  harapan  kami  kiranya  Bapak  dapat  mengalokasikan  dana  bantuan  untuk digunakan sebagai pengembangan modal usaha kelompok. Atas  segala  kekurangan  dan  kekeliruan  di  dalam  penyajian  materi  proposal  ini kiranya  Bapak  dapat  memaklumi  adanya  dan  tak  lupa  kami  mohon  maaf  yang  sebesar-besarnya.

SEKAYU-23-01-2015
KELOMPOK EMPAT BELAS ( 14)
Dusun II Rimba-Rakit Desa Suka Maju - Kecamatan Babat Supat

Ketua,                                     Sekretaris,




ANTON KASIRON              LISNARIA KARTIKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN
Jenis Kolam             :  2 bh kolam
Jenis Ikan                 : Ikan Lele
Benih tebar              : - Bibit Lele : 2 cm
- 
Usia panen               : - Ikan Lele = 3 bln


http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQSdW2eauLlWnzRZT2yYg9ozQtQBe_3n3ZA8ewwEay0UeFWL31Hhttp://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTHAx5-FoGG2OzHWTct2bsIjGZXDglEjSUEEJ5AGvbPBq_v30rP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Album Teknik Pendingin dan Tata Udara Politeknik Sekayu 2011-2014

mmelly and risca

Laporan Praktikum AC Mobil

KATA PENGANTAR             Assalammu’alaikum Wr.Wb             Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan petunjuk-Nya kami dapat menyusun laporan mengenai “Pengenalan Komponen AC Mobil beserta fungsinya“. Laporan ini kami susun berdasarkan praktikum   pada mata kuliah laboratorium sistem Tata Udara. Adapun tujuan dari penyusunan laporan ini adalah agar mahasiswa khususnya pembaca mengetahui dan memahami komponen AC mobil beserta fungsinya pada setiap mobil. Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai komponen, fungsi dan cara kerja AC mobil. Demikianlah laporan ini kami susun, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan tidak lupa kami ucapkan terimakasih. Wassalammu’alaikum Wr.Wb.                                                                                                                         Sekayu,   Juli 2010                                                                                                                  

Contoh Laporan KKN (Kuliah Kerja Nyata )

LAPORAN KELOMPOK KULIAH KERJANYATA (KKN) ANGKATAN V TAHUN 2013-2014 DUSUN SUNGAI JERING KELURAHAN SUNGAI LILIN KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYU ASIN PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN   MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN DISUSUN OLEH KELOMPOK 42 1.       RUBI KURNIAWAN                                                NIM. 111312144 2.       VERNANDA OKTARENI                                         NIM .111312125 3.       SITI AMINAH                                                             NIM. 10149143 4.       HEDRIYADI                                                               NIM .10149145 5.       SISWANTI                                                                  NIM. 10149146 6.       LILI NURLINDA                                                         NIM. 10140171 7.       PIPIN LIDYAWATI                                                    NIM.111213606 8.       SULIS WIDIAWATI