Langsung ke konten utama

Berberapa Tips dan Trik Lulus tes CPNS Murni tanpa Sogokan

 https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=3879720359216642579#editor/target=post;postID=608621568859685314

Tips dan Trik Lulus tes CPNS Murni tanpa Sogokan


Lulus Tes CPNS itu merupakan impian semua peserta tes yang ikut dalam seleksi CPNS setiap tahunnya namun bagiku itu merupakan impian beberapa tahun lalu karena dalam 2 tahun terakhir aku tak perlu ikut seleksi tes CPNS lagi sebab kelulusan itu sudah didapatkan pada tahun 2013 yang lalu, ya pada saat tes CPNS 2013 untuk formasi umum.
Tentu semua perolehan ini patut disyukuri karena memang selain sulit didapatkan dan harus bersaing dengan banyak peserta tes lain namun bisa lulus murni tanpa sogokan itu saja bisa menjadi kebanggaan tersendiri ditengah kepercayaan masyarakat kini yang minim sekali untuk bisa mempercayai bahwa tes seleksi CPNS itu bisa berlangsung secara transparan, akuntabel dan juga terbuka.
lulus tes CPNS 2015
Ya tepatnya semenjak sistem CAT (computer assisted test) diselenggarakan memang semua persepsi mengenai tindak korupsi dalam penyelenggaraan seleksi CPNS mulai mengalami perubahan karena sistem yang demikian menutup kesempatan bagi oknum yang berniat mencari keuntungan pribadi dalam setiap event tahunan tes CPNS ini.
Bagaimana mau manipulasi jika nilai yang diperoleh peserta langsung bisa dilihat beberapa detik saat selesai mengerjakan soal tes CPNS sewaktu pelaksanaan tes seleksi yang diselenggarakan, selanjutnya sudah ada juga passing grade yang menjadi ukuran nilai dalam menentukan siapa saja nantinya yang akan diseleksi kembali melalui perangkingan berdasarkan semua peserta yang lulus dalam ambang batas nilai tersebut.
Dan kini meski belum genap menjadi PNS 100% melainkan masih dalam status Capeg (CPNS) namun kerap kali banyak yang meminta saran serta tips ataupun trik dalam menghadapi soal tes CPNS dan juga lulus dengan nilai masuk dalam passing grade yang ditentukan.
Baiklah semuanya akan kucoba ditulis disini agar bisa bermanfaat bagi yang membacanya nanti yakni mengenai Tips dan Trik Lulus tes CPNS Murni tanpa Sogokan.
Pertama :
Untuk bisa lulus dalam tes seleksi CPNS murni tanpa sogokan pastikan mendaftarkan diri hanya pada seleksi CPNS yang menggunakan sistes CAT sebab jika menggunakan metode lama (sistem tes CPNS manual menggunakan LJK) prinsip transparan, akuntabel dan juga terbuka sulit dicapai, tapi untung sejak tahun 2014 dan juga untuk tahun 2015 ini semua daerah baik itu instansi pusat maupun daerah menggunakan sistem CAT CPNS sebagai cara untuk melakukan perekrutan pegawai baru.
Kedua :
Jika poin pertama sudah terpenuhi maka selanjutnya adalah fokus dalam persiapan menghadapi soal tes yang akan ditemui nanti pada saat tes seleksi CPNS berlangsung, yakni dengan memperbanyak materi penguasaan terkait dengan materi-materi soal ujian tes CPNS 2015.
Bagi sebagian orang apalagi mereka yang memang belum pernah dan baru akan ikut tes seleksi CPNS yang pertama kali memang sulit menebak soal tes apa sajakah yang akan keluar dan diujikan dalam tes seleksi yang akan diikuti namun tidak bagi yang pernah ikut tes sebelumnya.
Ya memang materi yang diujikan dalam tes CPNS setiap tahunnya itu hampir sama sehingga semua bisa dipelajari meski tingkat kesulitan yang diujikan itu cukup tinggi, akibatnya selalu ada formasi yang tidak terpenuhi kuota kebutuhan pegawainya di setiap tahun artinya dari sekian banyak peserta yang ikut dalam tes seleksi CPNS pada formasi tertentu terkadang tidak satupun yang masuk atau lulus dalam passing grade.
Kalau begini kejadiannya lalu siapa yang salah? Apakah penetapan passing grade yang terlalu tinggi sehingga sulit dicapai ataukah bobot kesulitan soal yang terlalu ekstrim sehingga tidak ada peserta yang mampu menyelesaikannya dengan baik.
Bila dipandang dari pribadiku sendiri yang soal dan juga ambang batas nilai (passing grade) tidak bisa persalahkan karena untuk menentukan itu semua harus menjalani proses panjang dan juga prosedur yang telah sesuai dengan kaidah penentuan kriteria perekrutan calon pegawai baru negeri sipil (PNS).
Artinya yang perlu ditingkatkan adalah wawasan dan juga pengetahuan umum yang dimiliki oleh peserta sebab tanpa adanya itu soal tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2015 yang terdiri dari wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan juga karakteristik pribadi tidak akan bisa dikerjakan dengan maksimal sehingga perolehan nilaipun masih jauh dari yang seperti diharapkan.
Namun ada jalan keluar atas semua permasalahan tersebut karena pengalaman pribadi saya telah membuktikannya dan perjalan untuk bisa menjadi PNS telah berhasil dicapai sejak tahun 2013 yang lalu, selanjutnya yang saya lakukan adalah belajar dan juga mempelajari pola soal tes CPNS dalam setiap tahunnya. Adapun materi lengkap dan juga soal-soal lengkap beserta pembahasannya yang bisa dipelajari dengan mudah saya dapatkan disini, silahkan jika berminat, terima kasih dan semoga bermanfaat. Salam : Bio Sanjaya, S.Pd. (Guru PNS SD 2 Rantau Kadam Kab. Muratara, lulusan 2013 angkatan 2014).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Album Teknik Pendingin dan Tata Udara Politeknik Sekayu 2011-2014

mmelly and risca

Laporan Praktikum AC Mobil

KATA PENGANTAR             Assalammu’alaikum Wr.Wb             Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan petunjuk-Nya kami dapat menyusun laporan mengenai “Pengenalan Komponen AC Mobil beserta fungsinya“. Laporan ini kami susun berdasarkan praktikum   pada mata kuliah laboratorium sistem Tata Udara. Adapun tujuan dari penyusunan laporan ini adalah agar mahasiswa khususnya pembaca mengetahui dan memahami komponen AC mobil beserta fungsinya pada setiap mobil. Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai komponen, fungsi dan cara kerja AC mobil. Demikianlah laporan ini kami susun, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan tidak lupa kami ucapkan terimakasih. Wassalammu’alaikum Wr.Wb.                                                                                                                         Sekayu,   Juli 2010                                                                                                                  

Contoh Laporan KKN (Kuliah Kerja Nyata )

LAPORAN KELOMPOK KULIAH KERJANYATA (KKN) ANGKATAN V TAHUN 2013-2014 DUSUN SUNGAI JERING KELURAHAN SUNGAI LILIN KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYU ASIN PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN   MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN DISUSUN OLEH KELOMPOK 42 1.       RUBI KURNIAWAN                                                NIM. 111312144 2.       VERNANDA OKTARENI                                         NIM .111312125 3.       SITI AMINAH                                                             NIM. 10149143 4.       HEDRIYADI                                                               NIM .10149145 5.       SISWANTI                                                                  NIM. 10149146 6.       LILI NURLINDA                                                         NIM. 10140171 7.       PIPIN LIDYAWATI                                                    NIM.111213606 8.       SULIS WIDIAWATI